Home / NewsFlash / Duh, Harga Bawang Jatuh Lagi
Bawang Merah yang sedang dikeringkan oleh Petani. (Foto: Kementan RI)

Duh, Harga Bawang Jatuh Lagi

Jakarta, SABANAKU.COM-Imbas dari buruknya pengelolaan paska panen bawang merah dan minimnya pabrik pengolahan bawang merah yang ada, membuat penumpukan komoditas bawang merah paska panen menjadi  fenomena yang biasa terjadi. Imbasnya adalah harga bawang merah kini jatuh di titik yang cukup rendah.

Ketika panen raya, banyak petani bawang merah di beberapa wilayah di tanah air tengah menghadapi situasi sulit karena hasil panennya dihargai murah. “Kita harus memikirkan nasib petani dengan cara yang smart, salah satunya mendorong mereka untuk membuat teknologi penyimpanan bawang merah sederhana yang tahan lama, dam membuat pabrik pengolahan bawang merah yang terintegrasi dalam satu kawasan pertanian, dengan cara itu, harga bawang merah bisa lebih stabil dan tidak akan jatuh,” kata Haji Syamsalis, Pengusaha Ayam Goreng Sabana ini menuturkan.

Berdasarkan informasi, stok bawang merah berlebih lantaran petani melakukan penanaman bawang merah yang tidak disesuaikan dengan waktu pola tanam dengan petani lain. Akibatnya panen bawang terjadi bersamaan sehingga pasokan berlebih.  Berdasarkan data yang dihimpun oleh Sekretaris Jenderal Asosiasi Bawang Merah Indonesia, Ikhwan Arif memprediksi penurunan harga akan berlanjut satu bulan ke depan. Menurut perkiraannya harga bawang merah di level petani bisa turun Rp 4.00 sampai Rp 4.000 per kg, dan turun Rp 10.000 di tingkat grosir.

“Penurunan harga jual menyebabkan kerugian bagi petani sebesar Rp 5.000 per kg. Sebab harga bawang di tingkat grosir seharusnya dipatok Rp 15 ribu per kg”, ujar Arif dalam keterangannya, Rabu (19/9/2018).

Karena itu, Haji Syamsalis, pengusaha yang juga mendorong banyak pengusaha lokal untuk intens bergelut membuat usaha pengolahan komoditas, salah satunya komoditas bawang merah. “Sehingga harga bawang merah bisa stabil dan yidak anjlok karena kelimpahan stok,” katanya.

 

 

About admin

Check Also

Jaga Omset Dengan Konsisten Layani Konsumen

Jakarta, Sabanaku.com-Bagi Ismiati Komariyah, Mitra Sabana Fried Chicken di daerah Asem Baris, Tebet, Jakarta Selatan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *