Kisah Inspiratif Ala Bob Sadino

Manfaat Sujud
March 24, 2017
Show all

KISAH INSPIRATIF ALA BOB SADINO

Bambang Mustari Sadino atau lebih akrab disapa dengan Bob Sadino merupakan seorang pengusaha sukses yang memiliki perjalanan panjang dalam meraih kemapanan. Om Bob sapaan yang sering diucapkan rekannya memulai usahanya dari titik nol. Pria kelahiran Lampung 9 Maret 1939 ini merupakan pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Lahir dari keluarga berkecukupan tidak membuat Bob Sadino tumbuh menjadi anak manja.
Pada usia menginjak 19 tahun Bob ditinggalkan kedua orang tuanya menghadap Sang Pencipta. Kekayaan seluruhnya diwariskan kepadanya. Bob Sadino yang merupakan anak terakhir dan memiliki lima saudara kandung tidak membagikan warisan dari kedua orang tuanya.
Ia memutuskan menggunakan warisannya untuk berkeliling ke beberapa Negara diantaranya Belanda, Hamburg dan Amsterdam. Keputusan ini diambil karena Bob merasa saudaranya telah hidup lebih mapan dibanding dirinya. Dalam perjalanan ke Belanda, Ia bertemu dengan seorang wanita yang kini menjadi isterinya yaitu Soelami Soejoed. Bob Sadino kemudian pulang ke Indonesia bersama isterinya dan 2 Mercedes yang dibelinya.
Sekembalinya di Indonesia Ia membeli tanah didaerah kemang dengan modal satu menjual mobil Mercedes tersebut. Masih memiliki satu mobil Bob memutuskan untuk menyewakan mobil tersebut. Suatu hari ketika menyupir mobil Bob mengalami kecelakaan yang membuat mobilnya rusak parah. Kecelakaan tersebut membuat Bob Sadino beralih profesi menjadi kuli dengan gaji 100 rupiah.
Berdasarkan saran dari temannya, Bob kemudian memulai usaha bisnis telur ayam asli Indonesia. Ketertarikannya terhadap ide tersebut mendorong Bob untuk mulai menjual telur ayam dari rumah ke rumah. Bob juga mulai mengembangkannya dengan menjual daging dan sayuran hidroponik. Hingga awal tahun 1985, Bob sudah mampu menjual 40 hingga 50 ton daging segar, 60 sampai 70 daging olahan serta 100 ton sayuran segar.
Melalui perjalanan yang tidak mudah membuat Bob Sadino tidak mudah menyerah walaupun Ia mendapatkan makian dari berbagai pelanggan. Mengevaluasi penampilan untuk melayani pelanggan dilakukan Bob atas banyaknya kritikan. Dengan keuletan, kesabaran dan kerja keras Bob mampu mengembangkan usahanya dan menjadi pemilik tunggal dari super market KemChicks.
Satu-satunya yang tidak berubah dari Bob meski sudah menjadi milyader adalah penampilannya yang sederhana. Pesatnya perkembangan bisnis membuat Bob mengepakkan sayapnya untuk merambah bidang holtikultura dan agribisnis. Bisnis lainnya adalah pengelolaan kebun sayur untuk konsumsi orang asing yang menetap di Indonesia.
Keberhasilannya dalam berbisnis tidak terlepas dari ketidaktahuannya sehingga membuat Ia segera menangkap peluang dan terjun langsung memulai usaha. Bob menerapkan ilmu praktik yang didapatkan dalam perjalanan bisnisnya sehingga dapat mengevaluasi dan memperbaiki setiap kesalahan yang terjadi. Keluwesan, kesederhanaan dan rasa kekeluargaan yang dimiliki Bob Sadino merupakan modal untuk meraih kesuksesan hingga saat ini.
Sumber: http://www.biografipengusaha.com/…/biografi-bob-sadino-peng…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *